Sabtu, 04 Februari 2017

Jasa Kurir Bisa Jadi Mitra Bisa Juga Jadi Lawan Online Shop



Pada kesempatan kali ini saya ingin sedikit sharing tentang salah satu jasa kurir yang ada di Indonesa. Saya selaku pelaku bisnis yang bergerak dibidang jasa editing foto sering melakukan pengiriman kiriman dalam hal ini Frame + Foto ke tempat tujuan konsumen saya. Awalnya Saya adalah pemakai jasa kurir JNE untuk pengiriman orderan Saya dari domisili Saya di Bandung.


Saya milih kurir JNE karena memang banyak survey yang bilang pengirimannya cepet, dan Saya juga merasakan kualitasnya. Saya pernah melakukan pengiriman ke daerah Kalimantan Barat tepatnya didaerah Serdam Pontianak, dengan layanan 1 hari sampai yaitu YES tanggal 30 Desember 2015 menjelang taun baru. Saya pikir tanggal 31 Desember 2015 kiriman bakalan nyampe di tangan konsumen, tapi ternyata pas Saya lacak kirimannya masih di Jakarta. Saya langsung mikir kiriman bakalan nyampe tanggal 2 Januari 2017 karena tanggal 1 Januari 2017 bakalan libur cuti. Dan benar aja kiriman nyampe tanggal 2 Januari 2017. Dan ya sama seperti online shop yang dikomplain karena keterlambatan, Saya juga ngalamin kaya gtu.


Saya belum mengurungkan niat saya untuk pindah ke jasa kurir lain karena keterlambatan itu, Saya pikir keterlambatan itu dikarenakan momen pergantian tahun baru, mungkin di hari-hari biasa ga akn kaya gitu. Tetapi setelah Saya coba di hari-hari biasa dengan tujuan Balikpapan Kalimantan Timur dengan layanan YES, kejadian seperti awal Saya ngirim barang terulang kembali. Dan setelah Saya itung-itung kalau keluar Jawa rata-rata 3 hari kiriman baru diterima ditangan konsumen walaupun Saya pake layanan paling cepet JNE. Jadi udah rugi hari Saya juga rugi ongkir karena Saya bisa aja pake layanan yang lain dengan tarif yang lebih murah.


Setelah kejadian tersebut Saya langsung mencoba layanan POS Indonesia. Kebetulan konsumen Saya paling banyak ada di daerah pulau Jawa padahal domisili Saya di Bandung, mungkin gara-gara the power of hashtag dari instagram emoticon-Malu . Waktu itu Saya ngirim ke daerah Jambi dengan menggunakan POS. Pas dateng ke loket Saya udah nyiapin alamat yang lengkap beserta kecamatan dan kabupaten seperti biasa. Dan pas dateng Saya pengen milih layanan paling cepet, tetapi setelah dicek sama petugas loket, daerah tujuan Saya itu ga ada layanan Expressnya, Saya disuguhin dengan layanan Kilat Khusus dengan lama pengiriman 2-3 hari. Dan setelah Saya berunding dengan konsumen akhirnya dia mau dengan layanan 2-3 hari tersebut.


Singkat cerita kiriman Saya udah Saya titipin ke pihak Pos untuk dianter, berhubung Saya pertama kali pake layanan pos saya sering monitoring kiriman saya setiap hariya lewat web Pos Indonesia. Dan ternyata kiriman saya udah diterima dengan selamat sama konsumen saya tepat 3 hari. Hari demi hari dan setiap ada orderan masuk Saya langsung ngirim pake Pos baik buat daerah Jawa maupun luar Jawa. Dan Saya pernah ngirim dari Cibinong ke Karawang dengan layanan Kilat Khusus make alamat kantor konsumen. Petugas loketnya bilang 2-3 hari seperti biasanya, tetapi ternyata kirimannya nyampe sehari setelah saya ngirim dari Cibinong.


Semenjak itu Saya langsung beralih ke layanan kurir Pos apalagi untuk layanan di Luar Jawa. Mendingan saya dijanjiin dari pertama kiriman ga bakalan besok sampe daripada harus bilang ke konsumen saya besok sampe tapi ternyata ga bisa sehari. Dan semakin sini saya liat layanan pengiriman di Pos makin sini memang lagi peningkatan abis-abisan dari Kantor yang awalnya kumuh, sekarang bangunan kantornya juga udah nyaman buat ngantri lama-lamaemoticon-Ngakak Mungkin ini pengalaman singkat saya tentang di dunia perkuriran saya.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar